Jumat, 15 Oktober 2010

Laga Perdana, Ujian Mental

MALANG - Skuad Singo Edan bakal menghadapi ujian berat di Stadion Kanjuruhan besok malam. Pertandingan melawan Persibo adalah laga kandang perdana bagi Arema dalam kancah Indonesia Super League 2010-2011. Kini menghadapi ujian itu, Tréner Arema Miroslav Janu terus memberikan suntikan motivasi.
Miro sepenuhnya menyadari bahwa laga melawan Persibo itu merupakan ujian bagi anak-anaknya. Tampil dalam laga home perdana bisa mendatangkan dua hal terbesar, yakni motivasi atau tak percaya diri. Nah, dukungan Aremania nanti diharapkan Miro memberi suntikan motivasi. ‘’Tentu harus optimis, saya lihat mental anak-anak bagus,’’ akunya. Perkiraan Miro bisa saja benar adanya, lantaran selama ini Aremania menjadi penyuntik semangat yang paling manjur. Buktinya dalam dua laga away di Borneo, keberadaan Aremania bisa menjadi ukuran. Saat melawan Persisam, Arema seperti bermain tertekan karena Aremania tak memakai atribut, tapi di Bontang Singo Edan tampil menggila.
Hasil positif di Bontang itulah yang menjadi penyemangat pemain untuk memenangi laga home perdana. Kemenangan perdana nanti akan membuktikan bahwa Stadion Kanjuruhan masih angker bagi lawan.
Lantas bagaimana dengan pemain yang cedera, sampai saat ini Miro melihat belum ada perubahan. Kata dia seluruh performa pemain baru akan dilihat pada sesi latihan terakhir hari ini. Siapa saja yang akan diturunkan Miro enggan mengatakan terlalu dini.
‘’Enggak mungkin seluruh pemain turun, masak 22 pemain ada di lapangan,’’ kelakarnya kepada Malang Post.
Namun di latihan kemarin pagi, Miro membagi timnya menjadi dua. Diperkirakan tim pertama yang menjadi tim inti dan tim kedua menjadi tim cadangan. Di tim pertama dihuni antara lain Noh Alam Shah, Yongki Ariwibowo, Kurnia Meiga, Benny Wahyudi, Chmelo Roman, Esteban Guillen, Pierre Njanka, Ahmad Bustomi, Dendi Santoso, Leonard Tumpamahu, M Ridhuan. Sedangkan tim kedua terdiri dari Aji Saka, TA Musafri, Hermawan, Tomy Pranata, Gunawan, Ronny. (ary/avi)


Makin Percaya Diri


MALANG-Pemain andalan Arema FC yang bermain di Timnas dalam kondisi baik-baik saja. Namun Pelatih Arema FC, Miroslav Janu belum bisa menyatakan mereka fit sampai melihat latihan terakhir hari ini. Para pemain Timnas itu diantaranya adalah Yongki Ariwibowo, Ahmad Bustomi, Beny Wahyudi dan Irfan Raditya, Zulkifli Syukur dan Kurnia Meiga.
Tréner Arema FC Miroslav Janu mengaku belum tahu pasti kondisi pemainnya yang dipanggil timnas. Sejauh ini dalam kondisi baik-baik saja, tapi itu semua baru dapat dilihat saat latihan terakhir.
“Saya belum bisa ngomong mereka baik-baik saja, kita lihat saja dalam latihan besok (hari ini),“ ungkapnya.
Sebelumnya, dua pemain Arema Zulkifli Syukur dan Kurnia Meiga kena cedera dan dikhawatirkan tak bisa turun. Kata Janu, latihan terakhir juga akan menjadi ujian bagi mereka untuk melihat perkembangan kondisinya.
“Mereka akan dilihat besok,” tandasnya.
Secara terpisah, pemain timnas Benny Wahyudi mengaku kondisinya baik dan fit. Beny yang asli Turen itu menegaskan dirinya siap turun menghadapi Persibo. Pertandingan timnas melawan Uruguay dan Maladewa menjadi modal pentingnya.
“Pertandingan di Timnas menambah rasa percaya diri,” katanya.
Hal serupa juga diucapkan gelandang Ahmad Bustomi pemain asal Karangploso Kabupaten Malang. Tomi, demikian dia akan disapa mengaku dalam kondisi prima. Selama turun di timnas Bustomi baik-baik saja dan tidak ada cedera.
”Tolong doakan saya tidak cedera ya, kondisi oke, Insya Allah siap turun,” katanya.(ary/jon)


Awas Kartu


MALANG-Dalam setiap kesempatan kontrol game selama ini, Managercoach Arema, Miroslav Janu selalu membagi komposisi pemainnya jadi dua tim. Tim pertama dengan komposisi tim inti, dan tim kedua adalah pemain cadangan.
Namun demikian, pelatih asal Republik Ceko ini tak membedakan kualitas pemain-pemainnya. Menurut Miro, hanya pemain yang paling siap untuk masuk dalam starting line up di setiap pertandingan Arema.
Termasuk dua laga home Arema, menghadapi Persibo Bojonegoro, Minggu (17/10) dan lawan Persija Jepara, Rabu (20/10), Miro menuntut dari 27 pemain yang dimilikinya harus siap semua untuk setiap saat diturunkan.
Apalagi kondisi tim Arema, belum sepenuhnya aman dari ganggungan pemain yang sakit maupun cedera. Termasuk kemungkinan pemain absen karena akumulasi kartu kuning, juga mulai membayangi tim berjuluk Singo Edan ini.
Setidaknya saat Arema menjamu Persibo nanti, ada tiga pilar Arema, dua diantaranya pemain asing yang telah memiliki satu kartu kuning. Mereka adalah Noh Alam Shah, M Ridhuan dan Dendi Santoso.
“Ya, nanti kita bisa saja ada pemain yang akumulasi kartu kuning, karena sekarang sudah ada tiga pemain Arema yang memiliki kartu kuning. Jadi pemain yang lain harus siap,” ungkap Miro, kemarin sore.
“Kita ada 27 pemain, semuanya harus siap karena bisa setiap saat mereka masuk line up, dan mereka semua juga harus siap sepanjang kompetisi ini,” sambung pelatih yang juga akan mengantarkan Arema tampil di Liga Champions Asia ini.
Ketatnya kompetisi yang bakal dilakoni Arema, selain Liga Super dan LCA, tim kebanggaan Aremania ini juga bakal disibukkan dengan Piala Indonesia. Sehingga wajar jika Miro menginginkan semua pemainnya siap untuk diuturunkan setiap saat. Baik itu pemain cadangan maupun pemain yang selama ini langganan starting line up, dituntut tetap menunjukkan permainan terbaik. Sehingga tak jarang, dalam sebuah sesi game, mereka bersaing mendapatkan tempat terbaik.
Sementara itu, dokter tim Arema memastikan seluruh pemainnya tidak ada masalah dengan cedera maupun kesehatannya. Pemain yang sebelumnya mengalami cedera seperti Pierre Njanka, sudah tidak ada kendala.
‘’Semua pemain sudah tidak ada masalah dengan cedera. Anda tadi melihat sendiri saat latihan, semua pemain siap tampil,’’ kata dokter Arema dr Albert Rudianto kepada Malang Post seusai latihan di Stadion Gajayana, kemarin pagi.(bua/jon)




Terimakasih

0 komentar:

Posting Komentar