Senin, 14 Maret 2011

Yang Di VIP Dilarang Merokok

Senin, 14 Maret 2011 16:28:34 WIB
Reporter : Brama Yoga Kiswara

Malang (beritajatim.com) - Peraturan tegas yang dikeluarkan AFC selaku penyelanggara Liga Champion Asia (LCA), nampaknya tidak akan ada dispensasi lagi. Bahkan, denda Rp 50 juta siap diberikan jika sampai penonton yang duduk di tribun Very Importan Person (VIP), ketahuan merokok. Dengan begitu, tempat duduk esklusif bagi penonton VIP dan juga pekerja media di tempat itu dipastikan akan bebas dari asap rokok.

“Itu sudah aturan. Jika kami tidak ingin kena denda lima ribu dolar atau setara dengan lima puluh juta rupiah, jangan merokok di tribun VIP saat pertandingan nanti,” ungkap Humas Arema, Sudarmaji, Senin (14/3/2011) siang pada beritajatim.com.

Peraturan dilarang merokok itu menurut Sudarmaji sudah berlaku untuk pertandingan international manapun. Itu sebabnya, panita pelaksana pertandingan Arema nantinya, akan melarang penonton di tribun VIP untuk menghembuskan asap rokoknya. Para pecandu bola yang biasanya menikmati asap rokok di tribun VIP tersebut, akan menjadi target dirinya agar jangan ada denda dari AFC dan LCA terkait asap rokok.

Sudarmaji juga menjelaskan, selain tidak boleh merokok, tribun VIP selama LCA berlangsung harus bebas dari pedagang asongan. Dimana, pedagang asongan yang tergabung dalam ASOKA (Asongan Kanjuruhan) itu, dilarang keras dan tidak diperbolehkan berada di tribun VIP.

“Tadi juga ada satu asongan yang mendatangi kami. Ia bertanya, apakah boleh berjualan di tribun VIP, ya saya suruh tanya sendiri ke petugas dari LCA yang sedang survey. Jawabnya, tidak boleh. Itu berarti, selain tribun VIP bebas dari asap rokok, juga tidak boleh ada asongan ditempat itu,” ucapnya.

Hal yang sama menurut Sudarmaji pula, sebenarnya terjadi pada tribun ekonomi. Tapi, karena harus ada rasa kemanusian juga, ia akan berpikir keras agar asongan bisa berjualan di tribun ekonomi. Masalahnya, di pertandingan International manapun, tidak ada yang namanya asongan. Kalaupun ada, produk yang dijual di dalam stadion nanti, kemasannya harus diubah dan diganti menggunakan plastik. Karena itu sudah aturan resminya, mau tidak mau pihaknya juga akan mengikuti aturan itu.

“Kami akan mengikuti aturan nantinya. Jangan sampai denda Rp 50 juta itu ditanggung bagi teman-teman asongan yang nekat jualan di VIP. Kalau sampai ketahuan, ya bayar sendiri dendanya,” urai Sudarmaji.

Ditambahkannya, selain melarang tribun VIP dari asongan dan asap rokok, makan dari luar yang di bawa penonton untuk masuk kedalam stadion nanti juga akan dilakukan pemeriksaan lebih dulu. Meski akan melakukan pemeriksaan soal makanan maupun minuman yang dibawa penonton, semuanya dilakukan masih memegang rasa kemanusian.

“Tetap bawaan makanan akan kita periksa. Kalau ada yang bawa kaleng atau botol minuman tertentu, kita pindahkan ke dalam plastik. Kasihan juga kalau nggak boleh bawa makanan dan minuman. Kalau pingsan, siapa nanti yang bertanggung jawab,” pungkas Sudarmaji. [yog/but]


!!!akan sangat berguna jika kalian mengklik iklan yang kami pasang di blog ini untuk membantu berlangsungnya blogaremaisme!!!silakan berkomentar di fb koment...Terimakasih

0 komentar:

Posting Komentar