Rabu, 13 Juli 2011

Sejatinya Aremania Sejati


Suporter sejati! Begitu mereka yang menyebut dirinya sebagai seorang supporter. Ada yang menyebut Aremania sejati, The Jak sejati, Pasoepati sejati, dan lainnya. Ada banyak yang menyebut mereka dirinya sebagai supporter sejati itu, apakah mereka tahu makna dari supporter (Aremania) sejati ?

Kami mencoba memberikan pertanyaan diakun grup Forum Aremania.com dengan pertanyaan “menurut nawak2 hebak, AREMANIA SEJATI iku koyok yo opo?. Berikut ini ada beberapa jawaban yang kami dapat:

* Reno Pradana Aremania sejati nnton arema maen ga musim2 an, lek musim menang nnton kabeh, lek pas di bawah sepi,,
Hilang kan kebiasaan seperti itu..
* Prianto Sky Koyo aku iki nawak, hehehe, rela dipecat demi mendampingi laga tandang singa gila..
* Luqman Hakim Nurus mendukung arema dikala arema sulit.ketika dirundung masalah. Kita aremani harus tetap mendukung dan menyemangati arema dengan seni. kreatifitas. Dan loyalitas tanpa batas khas aremania.
* Begundal Ongisnade Dadi arema gak harus tail langsung nang stadion. Sam reno. Opo kate musim mudik tok taile. Seng penting lak loyalitas tanpa batas..dukun arema
* Okim Moteng jgn asal dkg sj,tp hrs mmberi nilai2 positif bg AREMA.ntah ketiket,merchandise N panutan bg aremania/nita seng licek.setuju lek no rasis N anarkis.klu kt msh rasis N anarkis apa bedanya kt dgn tonggo e kt ker.
* Andi Ferdiansyah yg tdk menjadi aremania abal2,ngomonge ae save arema tp lek mlebu stadion dadi freepassmania,halomanai,hormatmania….

* Bintang Indri Aremanita-WoluPitu Bg ayas AREMANIA ITAJES adalah para almarhum AREMANIA yg tewas dlm tour2 maut ketika mendampingi AREMA berlaga..itajes identik dgn abadi

Dari beberapa jawaban yang berikan diatas ini ada satu poin penting yang pasti akan disampaikan oleh seorang supporter sejati, bahwa dia akan selalu mendukung Arema apapun “kondisinya”. Biar Arema sedang kalah, biar Arema sedang tewur (ruwet) pengurusnya, biar Arema sedang bangkrut (penyakit lama), siapapun pelatihnya, dan lain-lain. Karena seorang supporter yang hanya mendukung tim apabila sedang dalam kondisi menangan itu kalau ayas boleh mengatakan, dia bukan supporter, tapi hanya akan dianggap sebagai penggembira. Lha kalau kita pikir, tim itu sebenarnya lebih membutuhkan dukungan adalah apabila tim sedang dalam kondisi kalah, karena pada saat itulah mental pemain pasti sedang dalam kondisi drop dan tertekan karena pasti ingin menang. Disinilah fungsi supporter sebenarnya. Supporter bernyanyi, menari untuk memberikan dukungan.

Dan bagaimana dengan suporter yang selalu mendukung timnya kala bertanding,tapi mereka tidak punya modal untuk menonton. Berangkat ke stadion dengan menggandol sepur yang kalausedang kelaparan mereka akan melakukan berbagai cara untuk mendapatkan makanan, biar menjarah, mencopet, merampok. Dan kala masuk ke stadion dengan cara mbrowot (yang lebih terkenal dengan nama mbrowoter’s). Tapi mereka total dalam mendukung timnya. Apakah mereka ini pantas disebut dengan suporter sejati? Mereka ini adalah para kriminal yang berbaju suporter.

Terus bagaimana dengan seorang yang memang betul2 ingin selalu mendukung timnya bertanding, akan tetapi karena satu dan berbagai alasan mereka tidak bisa hadir di stadion. Misal, karena masalah kerjaan, sekolah, alasan pribadi dan lain sebagainya. Apakah mereka bukan tergolong sebagai supporter sejati?Karena dalam hal ini banyak yang menyebut dirinya sebagai Aremania elektronik, Aremania On Line atau Aremania lainnya, yang tentunya mereka pasti juga menganggap diri mereka sebagai Aremania sejati.

Kita ambil contoh kasus, ada seseorang yang demi melihat Arema bertanding dia bolos kerja, dan dia mendapat ancaman SP atau kemungkinan terburuk di PHK, terus tidak kerja lagi, terus bagaimana mau mendukung Arema lagi bila dia tidak punya penghasilan lagi? Dia tidak bisa beli jersey Arema dengan tag resmi dari Arema, dia tidak bisa lagi melihat Arema di stadion dengan beli tiket,dan dia tidak bisa lagi menghidupi Arema. Bagaimana dengan hal ini?

Kalo menurut ayas, itu adalah tindakan kurang tepat, karena seorang Aremania Sejati bukan hanya mendukung Arema secara langsung saja, karena sorang Aremania Sejati dapat mendukung Arema dengan cara yang lain, yaitu dengan cara menghidupi Arema (dengan cara membeli tiket, membeli jarsey dan asesoris Arema resmi, dengan cara aktif mengkampanyekan perdamaian antar suporter, dan lain-lain). Iya kan? Ini menurut ayas sih………

Sejatinya Aremania Sejati tidak mencari penghidupan dalam Arema, akan tetapi menghidupkan Arema.

Sejatinya Aremania Sejati akan selalu sportif, kreatif, dan atraktif.

Sejatinya Aremania Sejati tidak anarkis, tidak bersifat negatif, dan tidak destruktif.

Sejatinya Aremania bukan mengejar kuantitas, tapi kualitaslah yang terpenting.

Ayas rasa masih banyak lagi alasan kenapa kita menganggap diri kita sebagai Aremania sejati. Menurut nawak2 apalagi?

Salam Satoe Jiwa

Sumber : Catatan sam Kosim Junaidi

2 komentar:

Anonymous mengatakan...

kotis henam sam..,kadit itreng ayas iki termasuk aremania sejati opo kadit soale selama ki ayas merantau dan melakukan tindakan iki..,ayas mengkader orang-orang yang sebelumnya tidak mencintai bola baik indonesia atau dunia atau jg orang yg suka sepakbola tetapi belum punya klub yang mereka banggakan dikarenakan di daerahnya tidak terdapat klub yang ikut ISL bisa juga supporter lain selain aremania saya ubah pandanngannya untuk beralih bangga menjadi arema..,saya pernah merantau di gresik dan alhamdulilah mendapat hati di kalangan orang gresik (pabrik saya) yang dahulu berwarna hijau sekarang berubah menjadi biru..,dan sekarang saya berada di banten dan karena kendala bahasa saya masih pelan2 untuk mencoba menularkan virus arema..,arema tidak kemana-mana tapi ada dimana-mana..,salam satu jiwa

kyupimbs mengatakan...

@samean sudah menjadi supporters sejati sam
umak udah membuat bangga aremania dan aremanita ^_^

Posting Komentar