Rabu, 13 Juli 2011

Promosi, Sarana untuk Memajukan Arema Indonesia


Banyak jalan menuju ke Roma. Pepatah kuno ini mengajarkan kepada manusia untuk tidak cepat menyerah serta banyak jalan menuju kesuksesan. Roma dimasa lalu ada lambang kejayaan imperium Romawi. Keberhasilan Roma dimasa itu umumnya dianggap sebagai buah kesuksesan Romawi.

Dalam sepakbola Indonesia saat ini belum terdapat standar yang jelas untuk mengukur keberhasilan suatu klub. Sepuluh tahunan lalu klub yang sukses adalah klub yang telah menjuarai suatu kompetisi menjadi opini umum bagi penggemar sepakbola Indonesia. Dengan berkembangnya informasi, anggapan klub yang sukses telah berganti menjadi klub yang bisa bertahan mengikuti kompetisi tanpa memakai dana hibah APBD.

Sekarang ini kompetisi ISL 2010/2011 tinggal 4 klub yang tidak memakai dana APBD. Semen Padang, Pelita Jaya, dan Arema adalah sebagian kecil dari klub eks Galatama yang tetap eksis dengan modal sendiri, sedangkan Persib Bandung adalah satu-satunya tim eks perserikatan yang sudah "tobat" tidak menggunakan hibah anggaran APBD lagi.

Skema pendanaan klub nonAPBD bermacam-macam. Pelita Jaya disokong oleh anggota keluarga taipan kenamaan, Nirwan Bakrie. Semen Padang dibackup oleh induk perusahaannya, sedang Persib Bandung walaupun mendapat pasokan dana segar dari sponsor dan tiket juga mendapat dukungan dari konsorsiumnya senilai belasan miliar rupiah setiap tahun. Sedangkan di Arema sekitar 90 persen pendapatan tim berasal dari usaha sendiri.

Usaha yang melibatkan Arema banyak macamnya. Mulai dari penjualan tiket, sponsorship, hingga merchandise tim. Untuk sektor sponsorship diperkirakan Arema mendapatkan lebih dari 7 Miliar rupiah sampai dengan paruh pertama musim ini. Wujudnya sendiri beragam, mulai dari sponsor utama dan pendukung dengan kompensasi peletakan logo sponsor di jersey pemain, hingga yang berwujud iklan/advertorial.

Ragam iklan yang disediakan oleh Arema memang berfungsi sebagai sumber pemasukan klub. Bentuknyapun mulai dari semacam giant banner, spanduk, hingga branding pada tiket pertandingan. Untuk penempatannya bisa dilakukan baik didalam maupun luar stadion.

Jika unit bisnis produktif ini mampu tergarap secara maksimal, bukanlah mustahil jika Trilogy pengembangan dalam Industry sepakbola yaitu Sports Performance, Sport Product dan Sportainment menjadi sebuah kesatuan nafas bagi pengembangan Arema kedepannya.

Beberapa unit bisnis produktif dalam bentuk iklan/advertorial yang sedang digarap oleh Divisi Marketing Arema diantaranya :

A.Placement Promo And Advertise
- A-Board (Advertise Board)
Merupakan media promosi berupa papan iklan di dalam stadion yang diletakan di sisi lapangan pertandingan dengan ukuran a-board sebesar 6m x 1m. Jumlah A-Board yang bisa dioptimalkan di Stadion Kanjuruhan sejumlah kurang lebih 40 buah dengan penempatan bervariatif di sisi sekitar lapangan untuk ring pertama.

Musim lalu diperkirakan pemasukan Arema dari lahan A-Board mencapai 1Miliar rupiah.

- A-Wall (Advertise Wall)
Merupakan media promosi yang ditempatkan pada dinding bagian dalam Stadion. Space advertise wall yang bisa dioptimalkan dengan penempatan terbaik sejumlah 30 space, dengan ukuran per a-wall 5m x 1 m.

Gb : A-Wall ketika Piala Indonesia 2010
Banderol untuk A-Wall ini musim lalu mencapai 500ribu rupiah untuk setiap A-Wall yang terpasang. Musim lalu Arema mendapat order untuk pemasangan A-Wall dari beberapa perusahaan seperti perusahaan percetakan lokal hingga salah satu perusahaan telekomunikasi tersohor di Indonesia.

- Advertise Scoring Board
Merupakan media promosi yang ditempatkan pada bagian bawah Papan Skor pertandingan di dalam Stadion, dengan ukuran 1m x 12 m.

- Backdrop Press Conference
Merupakan media promosi berupa penempatan logo sponsor (brand perusahaan/produk) pada Backdrop Press Conference Arema Indonesia setiap dilangsungkan pertandingan Home di Stadion Kanjuruhan.

Gb : Backdrop Press Conference
- Giant Banner
Merupakan media promosi berupa baner vertical dengan ukuran besar (3m x 10m ) yang ditempatkan pada tiang lampu stadion kanjuruhan dengan bentuk vertical ke bawah. Space yang tersedia 4 buah menyesuaikan jumlah tiang lampu yang ada di Stadion Kanjuruhan

- Spanduk Sponsor
Adalah media promosi berupa spanduk yang ditempatkan di atas Tribun penonton VIP dan VVIP dengan ukuran 1m x 6 m. Jumlah space spanduk yang tersedia sebanyak 4 buah

- Advertise Bench Official
Merupakan media promosi berupa stiker branding/baner tempel yang ditempatkan pada bagian belakang dan depan Bench Pemain dan Official Tim. Bentuk Bench disesuaikan dengan standart Internasional. Space yang tersedia sebanyak 2 buah sesuai dengan jumlah Bench kedua Tim yang bertanding.

- Advertise Lorong Pemain
Merupakan media promosi berupa stiker branding/baner tempel yang ditempakan pada sisi atas dan sisi samping Lorong Pemain menuju dan keluar lapangan pertandingan, Ukuran lorong disesuaikan dengan standart Internasional. Penempatan branding sponsor pada bagian sisi atas dan sisi samping lorong pemain sehingga terlihat jelas dari segala penjuru Stadion Kanjuruhan.

- Advertise Carpet
Merupakan media promosi berupa karpet yang dibrandingkan dengan logo sponsor, dengan penempatan di sisi kanan dan sisi kiri kedua gawang di belakang garis lapangan. Jumlah space yang tersedia untuk Advertise Karpet sebanyak 12 space.

- Stand Booth (Stand Penjualan)
Merupakan Promosi/Penjualan adalah Media Branding/Promosi dan Selling (penjualan) bagi Sponsor di dalam Area dalam Tribun VIP/VVIP maupun di bagian luar atas area Tribun VIP/VVIP. Space yang tersedia sebanyak 25 Stand Booth baik di dalam maupun luar atas area VIP/VVIP.

- Premium Advertise Promo di dalam Area VIP/VVIP
Merupakan promosi dan branding sponsor di dalam area VIP/VVIP, mixed zone, dan Space potensial Placement lainnya melalui media Stiker Sponsor, Indoor banner, Spanduk Indoor, Stand Baner dan berbagai media promo lainnya.

B.Promo Outdoor
- Outdor Banner / Baliho Sponsor
Merupakan Media Promo berupa Banner atau Baliho yang ditempatkan di luar pintu masuk Stadion Kanjuruhan, ukuran Banner atau Baliho menyesuaikan sponsor

- Umbul-umbul Sponsor
Merupakan media promo berupa umbul-umbul yang ditempatkan di area luar Stadion Kanjuruhan dengan ukuran 1m x 6m.

- Spanduk Publikasi
Merupakan media promo berupa spanduk sebagai media publikasi yang ditempatkan di lokasi strategis di Malang Raya (Kota Malang, Kota Batu, Kab. Malang).

- Stand Booth (Stand Penjualan)
Stand Promosi/Penjualan adalah Media Branding/Promosi dan Selling (penjualan) bagi Sponsor di bagian luar area Stadion Kanjuruhan. Space yang tersedia sebanyak 20 Stand di Area luar Stadion.

- Moving Air Baloon
Satu sisi : Logo Sponsor
Sisi lain : Logo Arema Indonesia
Adalah media promosi berupa balon udara yang bergerak yang diudarakan sebelum pertandingan, sebagai daya tarik kepada Aremania dan Masyarakat umum, dimana logo Arema dan Sponsor bersanding di balon udara, sehingga menguatkan branding produk-produk Sponsor sebagai Partner dan bagian utama dari perjalanan Arema Indonesia.

- Stand Air Baloon
Merupakan Media promosi berupa balon udara yang ditempatkan di lokasi tertentu di area Stadion Kanjuruhan, dimana pada balon udara terdapat branding Logo Sponsor bersanding dengan Logo Arema Indonesia.

- Branding Sekretariat KORWIL AREMANIA
Merupakan media promosi dengan berbagai alternative jenis media yang ditempatkan pada seluruh Sekretariat KORWIL AREMANIA resmi yang ada di seluruh Malang Raya

- Branding Store Official Merchandise Arema Indonesia
Merupakan media promosi dengan berbagai alternative jenis media yang ditempatkan pada seluruh STORE OFFICIAL MERCHANDISE Arema Indonesia di seluruh Malang Raya.

- Advertise Buletin
Merupakan bentuk space media promosi pada buletin Arema Indonesia yang dicetak dalam setiap Home Match Arema Indonesia sejumlah 10.000 (sepuluh ribu) ekslempar. Distribusi buletin Arema Indonesia ini disebarkan di Stadion Kanjuruhan kepada Aremania, kemudian sebagian lainnya disebarkan pada tempat-tempat strategis (public) dan tempat-tempat komunitas.

- Advertise Majalah AREMA INDONESIA
Merupakan bentuk advertise pada media promosi di Majalah Bulanan Arema Indonesia yang dicetak secara eksklusif setiap bulan dengan penjualan yang terbatas. Distribusi Majalah Arema Indonesia ini hanya didistribusikan kepada tempat/pihak terbatas seperti Hotel berbintang, Maskapai Penerbangan, Travel Agent, Perusahaan-Perusahaan besar. Kemudian sebagian lainnya dijual secara Eksklusif melalui web site Arema Indonesia, www.aremafc.com

- Advertise Promo Web Site AREMA INDONESIA (www.aremafc.com)
Merupakan space advertise promo Sponsor pada web site resmi Arema Indonesia.

C. Other Promotion
- Branding Pada Tiket Pertandingan
Merupakan media branding sponsor dengan pencantuman logo Sponsor pada tiket pertandingan Arema Indonesia, baik tiket ekonomi, VIP dan VVIP. Jika Anda terbiasa membeli tiket pertandingan untuk menyaksikan pertandingan Arema, coba simak logo apa saja yang tertera di dalam tiket pertandingan tersebut.

- Jingle Tone Sponsor
Pemutaran Jingle Tone Sponsor pada awal, jeda, dan akhir pertandingan Home Match Arema Indonesia di Stadion Kanjuruhan. Jika Anda terbiasa datang ke stadion lebih awal, Anda pasti akan menemukan Jingle Tone yang biasa diputar lewat loudspeaker di stadion.

- Spot Promo Program
Program Promo Sponsor yang dilakukan secara Live pada saat pertandingan berlangsung, baik ketika sebelum Kick Off, Jeda dan pada akhir Pertandingan.

- Lips Service MC (Master Of Ceremony)
Penyampaian ucapan terima kasih kepada Sponsor-Sponsor yang Bersinergi dalam setiap Home Match Arema Indonesia ketika Jeda Pertandingan babak pertama.

0 komentar:

Posting Komentar