Minggu, 17 Juli 2011

Perbaiki Manajemen Tim


MALANG – Skuad Arema Indonesia belum juga menyelesaikan gonjang-ganjing yang terjadi di tubuhnya. Konflik internal tim masih membayangi tim berjuluk Singo Edan ini seiring memasuki pra musim kompetisi baru. Padahal, Singo Edan tentunya segera bersiap diri menatap dua even berbeda musim depan, yakni ISL 2011-2012 dan AFC Cup 2012.
Seperti halnya masyarakat sepakbola Malang Raya umumnya, Yance Ratulangi, selaku pengamat sepakbola asal Kota Malang juga memiliki harapan Arema bisa segera fokus membangun tim. Dirinya mengaku sering berdiskusi dengan beberapa pelatih dan pemerhati sepakbola kota Malang, termasuk dengan mantan pelatih Arema, Gusnul Yakin lantaran merasa memiliki Arema.
‘’Dari diskusi kecil itu, prosedurnya yang harus dilakukan Arema terlebih dahulu yakni memperbaiki manajemen dulu. Jika sudah baik, semua pelaksanaan di tim nantinya akan baik. Termasuk program tim. Besok, Arema juga turun AFC Cup. Untuk menentukan arah kemana langkah Arema, tergantung beliau-beliuanya yang ada di manajemen tim,” ujar Yance saat dihubungi Malang Post, semalam.
Sembari jalan memperbaiki manajerial tim, mantan pemain Persiter Ternate era 80 an menyarankan agar Arema juga langsung fokus menyusun amunisi tim. Sehingga, awak Singo Edan dapat menyusun kelanjutan dari program apa yang akan dilaksanakan berikutnya. Hal ini sekaligus menunggu program dari PSSI, terkait format kompetisi dan kapan dimulai kompetisi musim depan nantinya. Dengan begitu, di tubuh Arema ada keseimbangan antara persiapan tim dengan manajerial.
‘’Dari dua musim ini, Arema sudah bagus. Hanya beberapa pemain yang kurang. Saat lawan Bontang FC lalu, saya lihat cadangan bisa bermain dan memaksimalkan kesempatan turun. Mereka yang kurang berkembang, bisa dilakukan tambal sulam. Reputasi dan prestasi sudah bagus, hanya kendala di posisinya, salah satunya di bek kiri,” terang mantan pemain Persema Malang ini. (poy/bua)

0 komentar:

Posting Komentar