Rabu, 13 Juli 2011

Data Fakta Arema di ISL 2010/2011

1. HASIL
Musim ini Arema berada di peringkat kedua dengan mendapatkan poin 52, hasil dari 15 kali menang 7 Draw dan 6 kali mengalami kekalahan. Keadaan ini lebih jelek dibandingkan dengan tahun lalu dimana poin Arema adalah 73 dari 23 menang, 4 draw dan 7 kali kalah. Akan tetapi yang perlu diingat adalah jumlah peserta musim ini lebih sedikit dibandingkan tahun lalu.

Meski secara hasil lebih buruk, hal ini bisa dimaklumi, sebab berbagai permasalahan mendera Arema sejak awal musim, hal ini tentu saja sangat berpengaruh, apalagi Arema juga bermain di Asia sehingga sangat berpengaruh terhadap apa yang dicapai musim ini.

2. GOL MEMASUKKAN dan GOL KEMASUKKAN
Arema berhasil menyarangkan 57 gol musim lalu sehingga jika dirata-ratakan, per pertandingan Arema mencetak 1.6 gol, sedangkan musim ini dengan hanya 28 pertandingan, Arema mampu mencetak 52 gol dengan rata-rata 1,8. Roman Chmelo berperan besar atas banyaknya gol yang diciptakan oleh Arema dengan menjadi topskor dengan 9 gol.

3. PENONTON

"Saat ini kompetisi Liga ibarat sirkus, jika asyik dan menyenangkan tontonannya, orang akan berbondong-bondong datang, dan sebaliknya" Kata Lucky. Hal inilah yang membuat penonton Arema musim ini menurun drastis, hal ini bisa dimaklumi sebab kondisi manajemen Arema yang kurang stabil membuat penonton enggan datang, padahal tim Arema tahun ini lebih atraktif dan banyak mencetak gol di kandang sendiri. 283.009 sehingga rata-ratanya sebanyak 20.214,9. Jika dibandingkan tahun lalu penonton Arema mencapai 473.626 dengan rata-rata 27.860.3.

Ini juga sekaligus kritik terhadap Aremania karena, ketika tim sedang mengalami kegoncangan, kemana mereka? stadion kerap melompong dengan terendah ketika melawan PSPS dengan jumlah 9258. Sedangkan untuk tertinggi penonton Arema terjadi saat melawan Persipura 36.994.

Akan tetapi siapa sangka jumlah penonton Arema ini adalah yang terbanyak di ISL musim ini !! (baca kelanjutan tentang pembahasan penonton di artikel selanjutnya)


4. REKOR DAN DATA MUSIM INI



0 komentar:

Posting Komentar