Selasa, 28 September 2010

Ujian Pertama Juara Bertahan




Juara bertahan Liga Super musim lalu, Arema Indonesia, memulai kick off untuk mempertahankan gelar juara di kandang Persisam Putra Samarinda, Stadion Segiri, Rabu (29/9) sore. Mampukah Arema mengawal kompetisi dengan hasil sempurna?

Pelatih Arema Miroslav Janu mengaku telah mengantongi rahasia kekuatan tim Persisam untuk merebut hasil maksimal hari ini di stadion Segiri Samarinda.

“Beberapa pemain Persisam seperti Akbar Rasyid, Irsyad Aras, Ronald Fagundes, Julio Lopes termasuk Pavel Solomin merupakan bekas anak buah saya, saya tahu betul permainan mereka, makanya saya sudah punya strategi untuk mengantisipasi pergerakan mereka,” kata Miro.

Berpredikat sebagai juara bertahan ISL tentunya membawa beban bagi Janu sebagai arsitek Singo Edan karena dia harus mengawali pertandingan yang cukup berat melawan Persisam yang terkenal sulit dikalahkan di kandangnya.

“Saat ini pemain dalam kondisi cukup bagus karena sudah melupakan hasil buruk pertandingan Community Shield melawan Sriwijaya FC, dan di Samarinda ini kami siap merebut kemenangan,” tegas Janu.

Miroslav Janu tampaknya tidak akan melakukan banyak perubahan komposisi tim seperti saat Arema kalah 1-3 dari Sriwijaya FC di Community Shield lalu. Juan Revi bisa menjadi alternatif pilihan pengganti absennya Esteban. Sedangkan di lini depan, Noh Alam Shah tetap menjadi andalan utama, dengan catatan striker asal Singapura itu benar-benar telah mendapatkan grasi dari Ketua Umum PSSI, Nurdin Halid.

Sementara itu pelatih Persisam Hendri Susilo belum menempatkan Pavel Solomin sebagai skuad inti menghadapi Arema. Menurutnya, Pavel baru gabung dan belum mengetahui karekter permainan rekan-rekannya yang sudah padu setelah persiapan beberapa bulan jelang bergulirnya ISL 2010/11.

“Kalau peluang Pevel untuk diturunkan pasti ada, namun saya juga tidak mau mengambil resiko untuk menurunkan dia sejak awal, paling tidak dia bisa main ketika sudah memasuki babak kedua,” jelasnya.

Secara kualitas, Hendri menilai pemain asal Uzbekistan ini punya skil sebagai penyerang dengan kelebihan tendangan keras dan ditunjung dengan sprint yang cukup cepat.

Namun sebelum hadirnya Pavel, Persisam sudah punya duet penyerang yang cukup padu yakni Julio Lopes dan Choi Dong-Soo, dengan dilapisi oleh Agung Suprayogi yang sudah mengerti taktik dan strategi tim.

Melawan Arema, Persisam akan menurunkan tim terbaiknya, yakni Wawan Hendrawan di bawah mistar gawang, empat bek yang terdiri dari duo stopper Tsimi Jacques Joel dan M Roby serta dua bek sayap S Lewanusa dan eks pemain Arema, Fandi Mochtar.

Di barisan gelandang, Persisam mengandalkan Irsyad Aras, Ahmad Sembiring, Akbar Rasyid dan Ronald Fagundes dengan duo striker Julio Lopes dan Choi Dong-Soo.

Musim lalu, Arema mencatat double atas Persisam. Pada putaran pertama, Arema menang 1-0 di Samarinda berkat gol tunggal Roman Chmelo. Sedangkan di Kanjuruhan, Arema menang 2-1 yang merupakan salah satu partai penentu langkah Arema meraih gelar juara ISL 2009/10.

Pertandingan Persisam vs Arema kick off 15.30 WIB, tidak ada siaran langsung televisi swasta, anda bisa update live score melalui Twitter

Prakiraan Susunan Pemain
Persisam (4-4-2): Wawan Hendrawan, Tsimi Jacques Joel, M Roby, S Lewanusa, Fandy Mochtar, Ahmad Sembiring, Akbar Rasyid, Irsyad Aras, Ronald Fagundes, Julio Lopes, Choi Dong-Soo

Arema (4-3-3): Kurnia Meiga, Pierre Njanka, Purwaka, Zulkifli, Beny Wahyudi, Juan Revi, Ahmad Bustomi, Ridhuan Muhamad, Roman Chmelo, Dendi Santoso, Noh Alam Shah

0 komentar:

Posting Komentar